Jumat, 15 Agustus 2014

[TPG] Memahami prosedur pengoperasian kamera video

Begitu banyak merek dan type atau seri kamera video yang ada saat sekarang . Terkadang seseorang merasa kesulitan atau kebingungan ketika menggunakan kamera video yang tidak biasanya dipakai . Pada dasarnya pengoperasian kamera video adalah sama .
Ada posedur yang harus diperhatikan oleh seorang cameramen ketika akan menggunakan kamera video , adapun prosedur yang harus diperhatikan tersebut adalah :
  1. cek apakah Battery packnya sudah terisi penuh atau tidak , jika tidak harus segara di charge ( diisi kembali ) dalam keadaan Battry terpasang di camera / video handycam . Dapat pula dilakukan Recharge diluar kamera / video Handycam bila ada alatnya ( sebaiknya memiliki battry cadangan ).
  2. sisipkan Memory stick baru ; DVD-R Sony 30 min atau jenis lain yang baru / kosong untuk di gunakan . Lalu masukan kedalam camera / video handycam ( sebaiknya memiliki Memory atau caset cadangan memory penyimpanan data yang banyak jenisnya ).
  3. lakukan pengecekan seluruh tombol-tombol control yang ada berfungsi atau tidak , bila tidak tolong di laporkan ke Drive shop bila masih dalam garansi. Bisa pula dengan cara membeli yang baru.
MENGOPERASIKAN KAMERA VIDEO

Pada dasarnya pengoperasian kamera video itu mudah .
Adapun mereknya secara prinsip adalah sama . Pada bagian ini nanti akan banyak dibahas tentang bagaimana mengoperasiakan kamera video khususnya Handycam dengan merk Sony type sx44e .
1. Menghidupkan Power
        Untuk menghidupkan camcorder anda saat layar LCD terbuka , tekan power .
2. Atur area geografis
       Sentuh tombol pada layar LCD
3. Setting tanggal dan waktu
4. Menyimpan media rekaman
           Media perekam yang dapat digunakan berbeda-beda ( memory,kaset atau Hardisk) targantung pada camcorder yang kita pakai . Icon berikut akan ditampilkan dilayar camcorder Sony sx44e .
5. Masukan memory
        Buka penutup arahkan ujung tumpul kartu memory hingga berbunyi klik .
6. Merekam gambar 
         Langkah-langkah yang dilakukan ketika kita merekam gambar adalah :
  • Membuka penutup lensa 
  • Bila tidak memakai tripod , kencangkan tali pegangan 
  • Buka layar camcorder
                      secara otomatis cancorder akan menyala , apabila tidak maka tekan tombol power .
  • Tekan START / STOP untuk merekam . Bisa juga menyentuh simbol bulat warna merah . Pada bagian bawah LCD . Untuk berhenti merekam tekan kembali START / STOP , atau bisa juga dengan menyentuh simbol bulat earna merah pada bagian kiri bawah LCD .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar